Forumla MS Office Excel Yang Wajib Diketahui

Posted by YOUR IT SOLUTION

< data-ad-client="ca-pub-3890975320167131" data-ad-slot="8978403605"/ins>

MS Office Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet keluaran Perusahaan Raksasa Microsfot. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang biasa digunakan dalam pembuatan laporan. Aplikasi ini sangat populer dibandingkan aplikasi spreadsheet lainnya, tetapi anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan aplikasi ini karena aplikasi ini tidak gratis alias berbayar. Mungkin masih ada diantara anda yang masih bingung dalam penggunaan fungsi-fungsi MS Office Excel, atau anda harus membuat laporan untuk pekerjaan anda sedangkan anda masih baru dalam menggunakan komputer. 

Baiklah kita bahas satu persatu dari fungsi MS Office Excel, tetapi mungkin tidak semua bisa dibahas disini karena begitu banyaknya fungsi dari MS Office Excel yang ada. Tapi tidak mengurangi kemungkinan akan ada update yang akan saya tambahkan.

Sebagai penjelasan Row merupakan baris (cell horizontal) dan Column merupakan kolom (cell vertikal).

1. Formula Summary(Penjumlahan)

Formula summary ini digunakan untuk penjumlahan angka dari beberapa Row atau Column dengan formula =Sum(Cell:Cell). Dimana Sum merupakan forumula untuk penjumlahan dan Cell merupakan Row atau Column yang akan dijumlahkan.



Sebagai contoh Cell yang akan dijumlahkan A1 sampai A8, maka kita tambahkan formula pada Cell A9, yaitu =Sum(A1:A8).

2. Formula Average(Rata-rata)

Formula Average ini digunakan untuk menghitung rata-rata angka dari beberapa Row atau Column dengan formula =Average(Cell:Cell). Dimana Average merupakan formula untuk menghitung rata-rata.




Sebagai contoh menghitung rata-rata dari Cell A1 sampai A8, maka kita tambahkan formula pada Cell A9, yaitu =Average(A1:A8).

3. Formula Max(Nilai Angka Terbesar)

Formula Max biasa digunakan untuk mencari nilai terbesar dari beberapa Row atau Column yang menggunakan formula =Max(Cell:Cell).




Sebagai contoh mencari nilai terbesar dari Cell A1 sampai A8, maka kita tambahkan formula pada Cell A9, yaitu =Max(A1:A8).

4. Formula Min (Nilai Angka Terkecil)

Formula Min adalah kebalikan dari formula Max, yang mana formula Min ini digunakan untuk mencari nilai terkecil dari beberapa Row atau Column. Formulanya adalah =Min(Cell:Cell).


Sebagai contoh mencari nilai terkecil dari Cell A1 sampai A8, maka kita tambahkan formula pada Cell A9, yaitu =Min(A1:A8).

5. Formula COUNTIF (Jumlah Data Yang Sama)


Formula COUNTIF ini biasanya digunkan untuk mencari jumlah data yang sama pada Excel. Dan cara penggunakan formula ini adalah =COUNTIF(Cell:Cell,"DATA") atau =COUNTIF(Cell:Cell,Cell), yang mana DATA adalah kata atau angka yang akan dicari jumlah data yang sama.


Contoh di atas menggunakan formula =COUNTIF(Cell:Cell,"DATA").


Dan contoh yang satu ini menggunakan formula =COUNTIF(Cell:Cell,Cell) dengan menargetkan Cell yang akan dicari data yang sama.

Related Post



Post a Comment