Create database MySQL dengan MySQL Workbench

Posted by YOUR IT SOLUTION

< data-ad-client="ca-pub-3890975320167131" data-ad-slot="8978403605"/ins>

Biasanya untuk membuat database pada MySQL banyak yang menggunakan Mysql Command, tetapi penggunaannya lumayan sulit digunakan. Ada cara yang lebih gampang dengan menggunakan tools MySQL Workbench yang dapat didownload pada situs resmi MySQL. Pada saat mendownload MySQL workbench pilih Installer Community. Setelah MySQL Workbench berhasil diinstall langsung saja buka MySQL Workbenchnya.


Setelah itu pilih MySQL server yang telah diinstal sebelumnya. Jika belum punya MySQL Servernya dapat didownload di sini.


Gambar di atas merupakan tampilan dari server MySQL yang ditampilkan secara GUI oleh MySQL Workbench. Fungsi dari MySQL Workbench hampir sama dengan PHPMyAdmin pada XAMPP. Untuk membuat database baru pada window schema create new schema dan buat nama database yang anda inginkan dan Apply. Expand schema yang telah dibuat tadi untuk membuat tabel pada schema dengan cara klik tabel dan create tabel. Gampang bukan hanya dengan klik saja anda bisa membuat database dan tabel baru, begitu juga untuk menghapus tabel dan database.
Selain itu anda juga bisa membuat database dengan perintah MySQL pada umumnya pada window sql file, seperti di bawah ini:


Perintah yang biasa digunakan dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Create schema NamaDatabase : untuk membuat database baru pada MySQL.
  2. Createa Tabel 'NamaDatabase'.'NamaTabel'(); : untuk membuat tabel baru pada database.
  3. ADD COLUMN `NamaColumn` VARCHAR(45) NULL COMMENT ''; : untuk membuat column pada tabel.
  4. truncate NamaTabel : untuk menghapus isi tabel pada database
  5. DROP TABLE `NamaDatabase`.`NamaTabel`; : untuk menghapus tabel pada database.

Sekian dulu postingan ini, semoga kiranya dapat membantu anda sekalian ^^

Related Post



Post a Comment